Tips Aman Berinternet di Hotspot
Hotspot adalah istilah untuk lokasi yang menyediakan akses internet untuk umum. Sehingga pengunjung yang memiliki komputer dengan kartu jaringan bisa terhubung ke internet. Biasanya kafe, restoran, lobi hotel, dan bandara mempunyai hotspot. Bahkan sekarang angkrinagn juga sudah mempunyai layanan hotspot.

Sebagian hotspot dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, yang lain hanya diperuntukkan bagi tamu di tempat tersebut.Sebagai sebuah jaringan terbuka, hotspot rentan akan isu keamanan. Jadi keamanan data menjadi resiko anda sendiri selagi bekerja di area hotspot.

Berikut beberapa tips aman berinternet di hotspot

1. Pilih koneksi yang aman.
Tidak semua area menawarkan beberapa pilihan koneksi. Tapi kalau tersedia, pilih jaringan nirkabel yang menyediakan kunci keamanan jaringan atau yang mencantumkan sertifikat keamanan. Jaringan seperti ini menyandikan setiap informasi yang dikirim sehigga membantu melindungi komputer anda dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Aktifkan firewall.
Firewall membantu melindungi komputer jinjing dengan mencegah pihak tak berwenang mengkakses melalui internet atau jaringan. Semua sistem operasi Windows memiliki fitur firewall.

3. sembunyikan file dan printer sharing
Nonaktifkan file dan printer sharing sehingga mencegah komputer lain mengakses komputer anda melalui jaringan.

4. Buat semua folder private.
Hal ini untuk menyulitkan hacker mengakses file anda.

5. Sandikan file
Lindungi berkas dengan menyandikannya, sehingga setiap orang yang mencoba membuka atau memodifikasinya harus memasukkan kata kunci.

6. Jangan pernah mengetikkan nomor kartu kredit atau kata kunci.
Demi keamanan, jangan pernah memberikan nomor kartu kredit dan informasi finansial lainnya saat bekerja di area hotspot. Para hacker kerap memakai cara yang memancing orang memberikan data pribadi seolah-olah permintaan itu datang dari sistem yang sah. Jika terpaksa harus mengetikkan data pribadi, pastikan muncul ikon gembok(padlock) di pojok kanan jendela browser dan alamat web dimulai dengan “https”. “S” berarti secure/aman, yang standar hanya “http”

7. Matikan jaringan nirkabel saat tidak digunakan

Jika anda tidak sedang menjelajahi internet atau mengirim email, tapi tetap memakai komputer di area hotspot, nonaktifkan koneksi nirkabel komputer anda. Jika menggunakan kartu Wifi eksternal, cabut saja. Jika memakai kartu Wifi internal, buka Control Panel -> Network Connection. Klik kanan di Connection dan pilih Disable.

8. jangan sembarangan mencolokan flashdisk di warnet krn sekarang kebanyakan warnet telah terpasang alat penyadap ataupun remote yang bisa mencopy data2 pribadi pada flashdisk dan juga memonitor kegiatan internet anda,
9. gunakan laptop sendiri dengan perangkat modem,gunakan modem gsm maupun cdma pilih biaya bulanan sesuai kebutuhan anda (100rb-an) gunakan jaringan gsm jika anda sering bepergian karena jaringannya luas sehingga bisa digunakan bagi anda yang mobile dan sering berpindah lokasi kerja antar pulau
10. pertama kali koneksi dengan laptop sendiri rubah semua passwod email dan account2 lainnya (jika account anda sudah dihack orang lain), klo perlu ganti semua alamt email dg email baru, ini berfungsi untuk mencegah orang lain yang sudah mempunyai username&sandi anda tidak dapat login kembali ke accunt anda.
11. gunakan koneksi internet dirumah sendiri, jauhi penggunaan internet ditempat umum apalagi menggunakan hotspot gratis yang sekarang banyak disediakan di cafe2 ataupun pusat perbelanjaan krn tidak aman dan rentan penyadapan,
12. gunakan password pada file2 dokumen pribadi atau perusahaan anda, jika perlu gunakan encrypt tools sehingga walaupun dokumen anda jatuh ketangan orang lain tetap tidak bisa dibaca karena hanya bisa dibuka oleh orang yang mempunyai kunci enskripsinya

0 Responses

instant messenger

Download Ebook Gratis

belajar bahasa jepang

belajar bahasa inggris 1

JAMUR TIRAM PUTIH

Review Softwares | Tips Tricks | Gratis

detiknews.com

detiksport - detiksport

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Sains

Lintas Berita.com

KOMPAS.com - Properti

Berita Teknologi Terbaru, Berita Komputer Terbaru,Berita Teknologi Informasi & Berita IT

kabarIT.com Neo

detik komputer net